Muzhaffara, Fadlfadl Fadhila (2025) Pembelajaran saintifik menggunakan panduan FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel elektrolisis untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (380kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran saintifik menggunakan panduan FAR, dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest dan melibatkan mahasiswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar kerja mahasiswa, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan perangkat tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa jika dilihat secara keseluruhan mengalami kenaikan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang dan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi 0,000 yang artinya (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran saintifik menggunakan panduan FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel elektrolisis dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran saintifik; Panduan FAR; Sel elektrolisis; Kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fadlfadl Fadhila Muzhaffara |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:31 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |