Pembelajaran saintifik menggunakan panduan FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel elektrolisis untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa

Muzhaffara, Fadlfadl Fadhila (2025) Pembelajaran saintifik menggunakan panduan FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel elektrolisis untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran saintifik menggunakan panduan FAR, dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest dan melibatkan mahasiswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar kerja mahasiswa, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan perangkat tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa jika dilihat secara keseluruhan mengalami kenaikan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang dan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi 0,000 yang artinya (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran saintifik menggunakan panduan FAR (Focus, Action, Reflection) pada materi sel elektrolisis dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran saintifik; Panduan FAR; Sel elektrolisis; Kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Fadlfadl Fadhila Muzhaffara
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:31
Last Modified: 10 Sep 2025 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118530

Actions (login required)

View Item View Item