Putra, Diva Rosyana (2025) Strategi penyiaran Islam MQTV di Era Digital: Studi deskriptif terhadap strategi penyiaran Islam MQTV Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam penyebaran dakwah Islam. Di tengah pergeseran pola konsumsi media masyarakat menuju platform digital, media televisi dituntut untuk tetap adaptif dan relevan. Salah satu lembaga penyiaran yang berupaya menjawab tantangan ini adalah Manajemen Qolbu Televisi (MQTV) Bandung. Sebagai televisi dakwah, MQTV berusaha menyampaikan pesan-pesan Islam melalui strategi penyiaran yang sesuai dengan karakteristik zaman dan kebutuhan audiens kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi penyiaran dakwah Islam yang diterapkan oleh MQTV di era digital. Fokus kajian diarahkan pada tiga aspek strategis, yakni perumusan, implementasi, dan evaluasi strategi penyiaran Islam guna menjaga eksistensi serta efektivitas pesan dakwah kepada pemirsa dari berbagai latar belakang. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan tim redaksi dan produksi MQTV, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pendekatan triangulasi dan analisis isi guna memperoleh gambaran komprehensif terhadap strategi penyiaran MQTV. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dari Fred R. David, yang mencakup tiga tahapan utama: perumusan, implementasi, dan evaluasi strategi. Teori ini memberikan kerangka kerja sistematis dalam mengkaji manajemen strategi penyiaran Islam yang kontekstual dan adaptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi MQTV dinilai cukup efektif dalam menghadirkan dakwah Islam yang informatif dan menarik. Perencanaan konten yang sistematis, pelibatan mitra keislaman, serta pemanfaatan media digital menjadi kekuatan utama dalam memperkuat posisi MQTV di tengah dinamika media modern.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Penyiaran; MQTV; Penyiaran Islaml; Media Televisi |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Communications Telemunications Communications Telemunications > Television Broadcasting General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Diva Rosyana |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:35 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |