Strategi penyiaran Islam MQTV di Era Digital: Studi deskriptif terhadap strategi penyiaran Islam MQTV Bandung

Putra, Diva Rosyana (2025) Strategi penyiaran Islam MQTV di Era Digital: Studi deskriptif terhadap strategi penyiaran Islam MQTV Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam penyebaran dakwah Islam. Di tengah pergeseran pola konsumsi media masyarakat menuju platform digital, media televisi dituntut untuk tetap adaptif dan relevan. Salah satu lembaga penyiaran yang berupaya menjawab tantangan ini adalah Manajemen Qolbu Televisi (MQTV) Bandung. Sebagai televisi dakwah, MQTV berusaha menyampaikan pesan-pesan Islam melalui strategi penyiaran yang sesuai dengan karakteristik zaman dan kebutuhan audiens kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi penyiaran dakwah Islam yang diterapkan oleh MQTV di era digital. Fokus kajian diarahkan pada tiga aspek strategis, yakni perumusan, implementasi, dan evaluasi strategi penyiaran Islam guna menjaga eksistensi serta efektivitas pesan dakwah kepada pemirsa dari berbagai latar belakang. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan tim redaksi dan produksi MQTV, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pendekatan triangulasi dan analisis isi guna memperoleh gambaran komprehensif terhadap strategi penyiaran MQTV. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dari Fred R. David, yang mencakup tiga tahapan utama: perumusan, implementasi, dan evaluasi strategi. Teori ini memberikan kerangka kerja sistematis dalam mengkaji manajemen strategi penyiaran Islam yang kontekstual dan adaptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi MQTV dinilai cukup efektif dalam menghadirkan dakwah Islam yang informatif dan menarik. Perencanaan konten yang sistematis, pelibatan mitra keislaman, serta pemanfaatan media digital menjadi kekuatan utama dalam memperkuat posisi MQTV di tengah dinamika media modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyiaran; MQTV; Penyiaran Islaml; Media Televisi
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Diva Rosyana
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:35
Last Modified: 10 Sep 2025 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118584

Actions (login required)

View Item View Item