Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal

Maulana, Akmal (2025) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman matematis sangat diperlukan siswa agar dapat mengatasi segala hambatan,kesulitan, dan permasalahan dalam persoalan matematika. Pembelajaran matematika saat ini hanya menekankan kepada perhitungan algoritmis dimana siswa kurang memahami kebermaknaannya, seharusnya jika pembelajaran matematika dilakukan secara maksimal maka akan berpengaruh kepada cara berpikir logis, kritis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis stategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal dalam peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII MTs Kifayatul Achyar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal terlaksana dengan sangat baik. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan metode pembelajran konvensional. Selain itu motivasi belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal berada dalam kategori tinggi. Hal ini ditunjukan juga dari ketertarikan siswa dalam mengikuti setiap tahap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis; Strategi Pembelajaran Rolling cognitive; Motivasi Belajar
Subjects: Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Akmal Maulana
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:26
Last Modified: 10 Sep 2025 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118625

Actions (login required)

View Item View Item