Maulana, Akmal (2025) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman matematis sangat diperlukan siswa agar dapat mengatasi segala hambatan,kesulitan, dan permasalahan dalam persoalan matematika. Pembelajaran matematika saat ini hanya menekankan kepada perhitungan algoritmis dimana siswa kurang memahami kebermaknaannya, seharusnya jika pembelajaran matematika dilakukan secara maksimal maka akan berpengaruh kepada cara berpikir logis, kritis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis stategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal dalam peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII MTs Kifayatul Achyar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal terlaksana dengan sangat baik. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan metode pembelajran konvensional. Selain itu motivasi belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran rolling cognitive berbantuan media kartu soal berada dalam kategori tinggi. Hal ini ditunjukan juga dari ketertarikan siswa dalam mengikuti setiap tahap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematis; Strategi Pembelajaran Rolling cognitive; Motivasi Belajar |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Akmal Maulana |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:26 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |