Firzayati, Syahla Shelvina (2025) Pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi peserta didik : Penelitian di SD Plus Baiturrahman Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
SURAT PERNYATAAN KARYA ILMIAH (1).pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II-1.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III-1.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V (3).pdf Download (95kB) | Preview |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peserta didik sebagai komponen terpenting dalam meningkatkan mutu Pendidikan, yaitu sebagai proses peningkatan kualitas sumber daya manusia serta proses meningkatkan derajat sosial masyarakat, maka dari itu peserta didik perlu untuk ditata, dimanajemen, diatur, diberdayakan, dan dikembangkan. Manajemen kesiswaan merupakan proses dalam pengelolaan sekolah yang terdiri dari perencanaan, penerimaan, pembinaan terhadap peserta didik, hingga peserta didik menuntaskan pendidikannya dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Manajemen kesiswaan dalam manajemen pendidikan merupakan proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan peserta didik, pembinaan sekolah mulai dari penerimaan peserta didik pembinaan peserta didik berada disekolah, sampai dengan peserta didik menamatkan pendidikanya mulai penciptaan suasana yang kondusif terhadap berlangsungnya proses belajar mengajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) manajemen kesiswaan di SD Plus Baiturahman Kota Bandung, (2) prestasi belajar peserta didik di SD Plus Baiturrhaman, dan (3) pengaruh manajemen kesiswaan terdahap prestasi peserta didik di SD Plus Baiturrhaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuisioner dengan pengukuran data Skala Likert, yaitu metode pengukuran yang digunakan dalam penelitian untuk mengukur sikap, opini, atau persepsi responden terhadap suatu pernyataan atau fenomena sosial. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Plus Baiturrahman Kota Bandung yang berjumlah 80 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Manajemen Kesiswaan (X) di SD Plus Baiturrahman memeroleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 4,21. Nilai tersebut termasuk kedalam kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (2) Prestasi Peserta Didik (Y) di SD Plus Baiturrahman memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,09. Nilai tersebut termasuk kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (3) Hasil dari pengujian statistik (Uji T), bahwa nilai Thitung > dari Ttabel yaitu 6,415 > 1.662 dengan signifikansi sebesar 0,001. Artinya, manajemen kesiswaan berpengaruh secara signifikan (24,6%) terhadap prestasi peserta didik, sisanya 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi belajar, kinerja guru dan sarana-prasarana sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan kepada wakil kepala sekolah kesiswaan agar meningkatkan manajemen kesiswaan supaya prestasi belajar dari peserta didik juga terus meningkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kesiswaan; Prestasi; Peserta didik |
Subjects: | Islam Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Syahla Shelvina Firzayati |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:46 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 01:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |