Oktaviani, Rida Laila (2025) Profesionalisme Pengawas dalam meningkatkan kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tasikmalaya. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISM)
Surat Keterangan Bebas Plagiarism Rida S3.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran sebagai upaya membelajarkan peserta didik yang diawali dari pengelolaan pembelajaran merupakan penataan usaha menuju ke perilaku belajar. Dalam kondisi yang tertata dengan baik, strategi yang direncanakan akan memberi peluang dicapainya hasil pembelajaran yang baik. Kondisi obyektif profesionalisme pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru mengelola pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tasikmalaya, yang dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu dari sisi kompetensi, kualifikasi dan sertifikasinya. Profesionalisme guru dapat dilihat dari kemampuannya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profesionalisme pengawas madrasah dalam meningkatkan kinerja guru madrasah pada tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Tasikmalaya. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengawas madrasah menjalankan perannya secara profesional dalam mendukung peningkatan kualitas kinerja guru, baik dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Metode dan pendekatan koresional methods yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods. Penelitian ini merupakan suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Dalam pengambilan sample dengan menggunakan tehnik simple rundom sampling dengan jumlah guru sebagai sample adalah sebanyak 182 guru. Dimana dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme pengawas madrasah ditunjukkan melalui kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan manajerial yang mendukung pelaksanaan tugas supervisi akademik dan manajerial secara efektif. Pengawas juga berperan aktif dalam pembinaan guru melalui kegiatan monitoring, pelatihan, dan evaluasi kinerja secara berkelanjutan. Adapun kinerja guru mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses belajar-mengajar, dan penilaian hasil belajar sebagai dampak dari pembinaan yang sistematis oleh pengawas. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat profesionalisme pengawas madrasah berkontribusi positif terhadap peningkatan kinerja guru. Diperlukan penguatan kebijakan dan peningkatan kompetensi pengawas secara berkelanjutan guna menjamin mutu pendidikan di lingkungan madrasah.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme Pengawas; Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rida Laila Oktaviani |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 08:37 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 08:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |