Penggunaan metode Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan hafalan hadis pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Putri, Intan Edlis Permata (2025) Penggunaan metode Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan hafalan hadis pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
8-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah dalam menghafal Hadis. Hal ini disebabkan penggunaan metode yang kurang relavan membuat siswa kurang antusias dalam menghafal hadis yang dianggap menjenuhkan. Peneliti mencoba untuk menggunakan metode interaktif untuk meningkatkan kemampuan hafalan Hadis pada siswa kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah, yaitu metode Index Card Match yang diduga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan metode Index Card Match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah. 2) Peningkatan kemampuan hafalan siswa setelah menggunakan metode Index Card Match pada siswa kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa kemampuan hafalan Hadis siswa dapat ditingkatkan melalui beberapa metode, salah satunya yaitu metode index card match. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah penggunaan metode index card match untuk meningkatkan kemampuan hafalan Hadis pada siswa kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Quasi Eksperimen dengan model (Pre-test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group design). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis deskriptif, pengujian prasayarat (uji normalitas dan uji homogenitas), pengujian hipotesis (Uji paired sampel t-test dan uji independent sampel t-test) dan pengujian n-gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan metode Index Card Match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah. Mencapai tingkat keberhasilan dengan mencapai skor angka 4 kategori sangat baik. 2) Terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan hafalan siswa setelah menggunakan metode Index Card Match di kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah dengan hasil nilai rata-rata pre-test 69,32 dan post-test 87,86 pada kelas eksperimen. Sementara itu, hasil nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 64,50 dan post-test sebesar 75,07. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 60,15% pada kelas eksperimen dengan kategori “Cukup Efektif”, sementara kelas kontrol hanya sebesar 29,28% dengan kategori “Tidak Efektif”. Hasil uji hipotesis (uji-t) memperoleh nilai statistik Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, penggunaan metode Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan hafalan Hadis siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII MTsS Ar-Rosyidiyah Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Index Card Match; Kemampuan Hafalan Hadis, MTsS Ar_rosyidiyah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: intan edlis permata putri
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:31
Last Modified: 11 Sep 2025 08:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118878

Actions (login required)

View Item View Item