Hubungan penerapan nilai-nilai dasa darma pramuka dengan karakter disiplin siswa kelas V di Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali

Ardiansah, Alwi (2025) Hubungan penerapan nilai-nilai dasa darma pramuka dengan karakter disiplin siswa kelas V di Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu nilai-nilai kedisiplinan yang semakin memudar. Tata tertib sekolah hanya dianggap sebatas simbol tertulis yang lemah dalam memanagemen kehidupan sekolah. Pentingnya penguatan nilai-nilai karakterdisiplin didasari alasan bahwa sekarang banyak sekali perilaku menyimpang yang berkaitan dengan kedisiplinan. Tentunya ini diperlukan perhatian khusus baik itu dari orang tua, guru, serta pihak sekolah kepada peserta didik agar mereka terdorong dalam sifat dan perilaku kedisiplinan yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan nilai-nilai Dasa Darma pramuka di kelas V Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali. (2) Karakter disiplin Siswa kelas V Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali (3) mengidentifikasi hubungan antara Dasa Darma pramuka dengan karakter disiplin siswa kelas V Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali (4) Tingkat pegaruh penerapan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dengan Karakter Disiplin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 28 peserta didik yang dipilih dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen dengan skala Likert nilai-nilai Dasa Darma dan karakter disiplin yang telah dilakukan expert judgement oleh ahli. Hasil analisis data dengan statistik deskriptif nilai rata-rata (mean) yang diperoleh adalah 64,92 Angka ini menjadi indikator utama yang menunjukkan bahwa secara umum tingkat penerapan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka siswa cukup baik. Jika dibandingkan dengan skor maksimum yaitu 80, maka rata-rata siswa telah mencapai 81,15% dari skor maksimal. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mengimplementasikan nilai-nilai Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari secara cukup konsisten. Nilai rata-rata (mean) yang diperoleh adalah 64,35. Jika dibandingkan dengan skor maksimum yaitu 80, maka rata-rata siswa telah mencapai 80,44% dari skor maksimal. Persentase ini menunjukkan bahwa tingkat karakter disiplin siswa secara umum berada pada kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik telah memiliki kemampuan yang cukup dalam menerapkan perilaku disiplin. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,758 dengan tingkat signifikansi korelasi 0,000 yang menandakan ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukan adanya hubungan positif dalam kategori kuat antara nilai-nilai Dasa Darma pramuka dengan karakter disiplin. Artinya, semakin tinggi penerapan nilai-nilai Dasa Darma pramuka, maka karakter disiplin juga semakin meningkat. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan nilai-nilai Dasa Darma pramuka dapat menjadi salahsatu faktor penting dalam membentuk karakter disiplin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dasa Darma Pramuka; Karakter Disiplin; Korelasi
Subjects: Psychology
Differential and Developmental Psychology
Religious Ethics
Social Interaction, Interpersonal Relations
Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alwi Ardiansah
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:06
Last Modified: 12 Sep 2025 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119008

Actions (login required)

View Item View Item