Ardiansah, Alwi (2025) Hubungan penerapan nilai-nilai dasa darma pramuka dengan karakter disiplin siswa kelas V di Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu nilai-nilai kedisiplinan yang semakin memudar. Tata tertib sekolah hanya dianggap sebatas simbol tertulis yang lemah dalam memanagemen kehidupan sekolah. Pentingnya penguatan nilai-nilai karakterdisiplin didasari alasan bahwa sekarang banyak sekali perilaku menyimpang yang berkaitan dengan kedisiplinan. Tentunya ini diperlukan perhatian khusus baik itu dari orang tua, guru, serta pihak sekolah kepada peserta didik agar mereka terdorong dalam sifat dan perilaku kedisiplinan yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan nilai-nilai Dasa Darma pramuka di kelas V Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali. (2) Karakter disiplin Siswa kelas V Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali (3) mengidentifikasi hubungan antara Dasa Darma pramuka dengan karakter disiplin siswa kelas V Sekolah Dasar Plus Intan Al-Sali (4) Tingkat pegaruh penerapan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dengan Karakter Disiplin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 28 peserta didik yang dipilih dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen dengan skala Likert nilai-nilai Dasa Darma dan karakter disiplin yang telah dilakukan expert judgement oleh ahli. Hasil analisis data dengan statistik deskriptif nilai rata-rata (mean) yang diperoleh adalah 64,92 Angka ini menjadi indikator utama yang menunjukkan bahwa secara umum tingkat penerapan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka siswa cukup baik. Jika dibandingkan dengan skor maksimum yaitu 80, maka rata-rata siswa telah mencapai 81,15% dari skor maksimal. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mengimplementasikan nilai-nilai Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari secara cukup konsisten. Nilai rata-rata (mean) yang diperoleh adalah 64,35. Jika dibandingkan dengan skor maksimum yaitu 80, maka rata-rata siswa telah mencapai 80,44% dari skor maksimal. Persentase ini menunjukkan bahwa tingkat karakter disiplin siswa secara umum berada pada kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik telah memiliki kemampuan yang cukup dalam menerapkan perilaku disiplin. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,758 dengan tingkat signifikansi korelasi 0,000 yang menandakan ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukan adanya hubungan positif dalam kategori kuat antara nilai-nilai Dasa Darma pramuka dengan karakter disiplin. Artinya, semakin tinggi penerapan nilai-nilai Dasa Darma pramuka, maka karakter disiplin juga semakin meningkat. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan nilai-nilai Dasa Darma pramuka dapat menjadi salahsatu faktor penting dalam membentuk karakter disiplin.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dasa Darma Pramuka; Karakter Disiplin; Korelasi |
Subjects: | Psychology Differential and Developmental Psychology Religious Ethics Social Interaction, Interpersonal Relations Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alwi Ardiansah |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 02:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |