Pengaruh model Cooperative Learning tipe Picture and Picture berbasis Flashcard terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf

Nisa, Arini Nurfitriatun (2025) Pengaruh model Cooperative Learning tipe Picture and Picture berbasis Flashcard terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembarpernyataankeaslianskripsi (1).pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian dari output dalam proses pembelajaran dan tolak ukur keberhasilan penerapan suatu metode atau model pembelajaran, namun berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe picture and picture berbasis flashcard terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest Nonequivalent control group design. Hasil keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa menggunakan model ini memiliki kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen N-Gain sebesar 0.64 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol N-Gain sebesar 0.42 kriteria sedang. Hasil uji hipotesis menyatakan nilai Sig. 2-tailed dari posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 (ditolak) dan H1 (diterima), artinya terdapat pengaruh positif model cooperative learning tipe picture and picture berbasis flashcard terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf. Hasil respon siswa terhadap model cooperative learning tipe picture and picture berbasis flashcard memiliki kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flashcard; Hasil Belajar Siswa; Picture and Picture; Sistem Saraf
Subjects: Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Arini Nurfitriatun Nisa
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:50
Last Modified: 11 Sep 2025 06:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119051

Actions (login required)

View Item View Item