Nisa, Arini Nurfitriatun (2025) Pengaruh model Cooperative Learning tipe Picture and Picture berbasis Flashcard terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
lembarpernyataankeaslianskripsi (1).pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (451kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar merupakan bagian dari output dalam proses pembelajaran dan tolak ukur keberhasilan penerapan suatu metode atau model pembelajaran, namun berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe picture and picture berbasis flashcard terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest Nonequivalent control group design. Hasil keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa menggunakan model ini memiliki kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen N-Gain sebesar 0.64 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol N-Gain sebesar 0.42 kriteria sedang. Hasil uji hipotesis menyatakan nilai Sig. 2-tailed dari posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 (ditolak) dan H1 (diterima), artinya terdapat pengaruh positif model cooperative learning tipe picture and picture berbasis flashcard terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf. Hasil respon siswa terhadap model cooperative learning tipe picture and picture berbasis flashcard memiliki kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flashcard; Hasil Belajar Siswa; Picture and Picture; Sistem Saraf |
Subjects: | Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Arini Nurfitriatun Nisa |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 05:50 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |