Ramadhan, Mohamad Alwy Rois (2025) Penerapan model pembelajaran Buddy System untuk meningkatkan motivasi Ibadah Shalat Fardhu siswa : Penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakenjeng Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (307kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi ibadah shalat fardhu siswa berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada siswa SMP Negeri 1 Pakenjeng Kabupaten Garut. Untuk meningkatkan motivasi ibadah shalat fardhu siswa, diperlukan penerapan model pembelajaran yang aktif, inovatif, dan kolaboratif. Antara lain model pembelajaran buddy system. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui proses penerapan model pembelajaran buddy system dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pelaksanaan ibadah shalat fardhu; 2) Motivasi siswa dalam pelaksanaan ibadah shalat fardhu sebelum penerapan model pembelajaran buddy system; 3) Mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam melaksanakan ibadah shalat fardhu siswa setelah penerapan model pembelajaran buddy system. Motivasi ibadah shalat fardhu siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran yang bersifat kolaborasi siswa, saling mendukung, serta faktor teman sebaya. Maka dari itu, hipotesis dari penelitian ini adalah: Penerapan model pembelajaran buddy system terdapat pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat fardhu siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Pakenjeng Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses penerapan model pembelajaran buddy system mencapai tingkat keberhasilan sebesar 100% dengan kriteria sangat tinggi; 2) Motivasi ibadah shalat fardhu siswa sebelum penerapan model pembelajaran buddy system memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,56 dengan kategori rendah, setelah menerapkan model pembelajaran buddy system memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,04, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil angket motivasi ibadah shalat fardhu siswa; 3) Terdapat peningkatan motivasi ibadah shalat fardhu siswa setelah penerapan model pembelajaran buddy system pada kelas eksperimen dengan nilai N-Gain 0,18 dengan kategori rendah. Di sisi lain nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,01 dengan kategori rendah. Uji hipotesis nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian penerapan model pembelajaran buddy system dapat meningkatkan motivasi ibadah shalat fardhu siswa pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakenjeng Kabupaten Garut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buddy System; Motivasi; Shalat Fardhu; |
Subjects: | Islam > Salat Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Alwy Rois Ramadhan |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 00:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 00:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |