Saoqibillah, Lutfi (2025) Pengembangan Modul elektronik berbasis Multirepresentasi menggunakan Discovery Learning berbantuan Wakelet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (333kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis multirepresentasi menggunakan discovery learning melalui platform wakelet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 30 peserta didik kelas XI-3 SMAN 8 Garut. Instrumen penelitian validasi para ahli, lembar observasi, dan soal berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji validitas menurut V’Aiken, perhitungan lembar observasi dan koefisien kesepakatan, N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien validitas nilai sebesar 0,80 untuk media dan 0,84 untuk materi yang termasuk kategori tinggi, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91% untuk guru, dan 89% peserta didik yang termasuk kategori sangat baik. Penggunaan modul elektronik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai N-gain sebesar 0,75 dengan interpretasi tinggi. Hasil uji t sebesar -46,509 dengan derajat kebebasan (df) 30, dan signifikansi (2-tailed) sebesar <0.001. Nilai p yang sangat kecil (p < 0.05) menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara data pretest dan data posttest secara statistik signifikan, sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis multirepresentasi pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik; Multirepresentasi; Discovery Learning Keterampilan Berpikir Kritis; Fluida Statis |
Subjects: | Secondary Education > Upper Level Secondary School Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lutfi Saoqibillah |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |