Pengembangan Modul elektronik berbasis Multirepresentasi menggunakan Discovery Learning berbantuan Wakelet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis

Saoqibillah, Lutfi (2025) Pengembangan Modul elektronik berbasis Multirepresentasi menggunakan Discovery Learning berbantuan Wakelet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis multirepresentasi menggunakan discovery learning melalui platform wakelet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 30 peserta didik kelas XI-3 SMAN 8 Garut. Instrumen penelitian validasi para ahli, lembar observasi, dan soal berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji validitas menurut V’Aiken, perhitungan lembar observasi dan koefisien kesepakatan, N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien validitas nilai sebesar 0,80 untuk media dan 0,84 untuk materi yang termasuk kategori tinggi, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91% untuk guru, dan 89% peserta didik yang termasuk kategori sangat baik. Penggunaan modul elektronik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai N-gain sebesar 0,75 dengan interpretasi tinggi. Hasil uji t sebesar -46,509 dengan derajat kebebasan (df) 30, dan signifikansi (2-tailed) sebesar <0.001. Nilai p yang sangat kecil (p < 0.05) menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara data pretest dan data posttest secara statistik signifikan, sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis multirepresentasi pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik; Multirepresentasi; Discovery Learning Keterampilan Berpikir Kritis; Fluida Statis
Subjects: Secondary Education > Upper Level Secondary School
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Lutfi Saoqibillah
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:54
Last Modified: 11 Sep 2025 06:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119091

Actions (login required)

View Item View Item