Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) dalam pembuatan jelly untuk meningkatkan literasi halal dan kreativitas peserta didik pada materi koloid

Sa'diah, Fitri Yati (2025) Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) dalam pembuatan jelly untuk meningkatkan literasi halal dan kreativitas peserta didik pada materi koloid. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya literasi halal dan kreativitas siswa menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang integratif dan aplikatif. Pembelajaran yang masih bersifat teoritis dan tidak dihubungkan dengan kehidupan nyata membuat siswa kesulitan memahami konsep kimia yang bersifat abstrak. Rendahnya literasi halal menjadi masalah nyata dalam kehidupan, sehingga diatur dalam UU No. 33 2014 untuk mengatur sertifikasi halal produk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STREAM melalui pembuatan jelly untuk meningkatkan literasi halal dan kreativitas siswa pada materi koloid. Metode penelitian menggunakan R&D tahapan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Partisipan penelitian yaitu siswa, guru, validator, dan observer. Analisis penelitian meliputi lembar validasi, observasi keterlaksanaan, tes literasi halal, rubrik kreativitas, dan angket refleksi. Hasil menunjukkan perangkat sangat valid (0,87), keterlaksanaan pembelajaran sangat baik ≥ 87,5%. Literasi halal mengalami peningkatan nilai N-gain lebih besar pada kelas eksperimen 0,67, dibandingkan kelas kontrol 0,31. Level kreativitas kategori Expressing 62% dan Exceliing 32%. Refleksi pembelajaran tertinggi pada aspek Finding 94,6%. Melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek terintergasi STREAM, siswa mampu memahami konsep ilmiah yang berkaitan dengan kehidupan nyata serta memiliki kesadaran terhadap konsumsi produk halal. Temuan ini juga mendukung program sertifikasi halal nasional di Indonesia serta implementasi Kurikulum Merdeka untuk mendukung pembelajaran abad 21.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kreativitas; koloid; literasi halal; pembelajaran berbasis proyek; STREAM
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Fitri Yati Sa'diah
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:01
Last Modified: 12 Sep 2025 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119138

Actions (login required)

View Item View Item