Nurkhaliza, Andini (2025) Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis virtual reality berbantuan aplikasi MilleaLab pada materi kekongruenan di SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (475kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, terutama dalam pengembangan media pembelajaran yang efektif dan inovatif. Salah satu materi matematika yang sering dianggap sulit oleh peserta didik SMP adalah kekongruenan, yang memerlukan kemampuan visualisasi tinggi. Media pembelajaran tiga dimensi interaktif berbasis teknologi dapat menjadi solusi untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik dan memudahkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis virtual reality berbantuan aplikasi MilleaLab pada materi kekongruenan di SMP yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, validitas dan praktikalitas dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi yang memberikan penilaian seragam atau sama. Media pembelajaran yang dikembangkan juga dinilai sangat praktis berdasarkan respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan ketersediaan alternatif media pembelajaran digital berbasis teknologi yang tidak hanya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar matematika, tetapi juga mendukung guru dalam menghadirkan pengalaman belajar yang inovatif, menyenangkan, dan sesuai dengan tuntutan era pendidikan modern.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kekongruenan; Media Pembelajaran Matematika; MilleaLab; Virtual Reality |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Andini Nurkhaliza |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 00:39 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 00:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |