Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis virtual reality berbantuan aplikasi MilleaLab pada materi kekongruenan di SMP

Nurkhaliza, Andini (2025) Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis virtual reality berbantuan aplikasi MilleaLab pada materi kekongruenan di SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, terutama dalam pengembangan media pembelajaran yang efektif dan inovatif. Salah satu materi matematika yang sering dianggap sulit oleh peserta didik SMP adalah kekongruenan, yang memerlukan kemampuan visualisasi tinggi. Media pembelajaran tiga dimensi interaktif berbasis teknologi dapat menjadi solusi untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik dan memudahkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis virtual reality berbantuan aplikasi MilleaLab pada materi kekongruenan di SMP yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, validitas dan praktikalitas dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi yang memberikan penilaian seragam atau sama. Media pembelajaran yang dikembangkan juga dinilai sangat praktis berdasarkan respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan ketersediaan alternatif media pembelajaran digital berbasis teknologi yang tidak hanya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar matematika, tetapi juga mendukung guru dalam menghadirkan pengalaman belajar yang inovatif, menyenangkan, dan sesuai dengan tuntutan era pendidikan modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kekongruenan; Media Pembelajaran Matematika; MilleaLab; Virtual Reality
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Andini Nurkhaliza
Date Deposited: 12 Sep 2025 00:39
Last Modified: 12 Sep 2025 00:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119204

Actions (login required)

View Item View Item