Pembelajaran model Read, Observe, Auditory, Review (ROAR) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-regulated learning siswa

Pujianti, Nur Suci (2025) Pembelajaran model Read, Observe, Auditory, Review (ROAR) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-regulated learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_ bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah di Kabupaten Subang. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan Read, Observe, Auditory, Review (ROAR). Tujuan penelitian ini untuk membantu meningkatkan berpikir kritis dan Self-Regulated Learning siswa melalui pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan di dua kelas menggunakan metode quasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data penelitian terdiri dari instrumen tes yang telah melewati uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran, serta instrumen non tes terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dan Self-Regulated Learning. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran Read, Observe, Auditory, Review (ROAR) dikategorikan sangat baik, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Read, Observe, Auditory, Review (ROAR) lebih baik daripada siswa yang menggunakan konvensional, Self-Regulated Learning siswa yang menggunakan Read, Observe, Auditory, Review (ROAR) sebagian besar memberikan sikap positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, ROAR , Self-Regulated Learning Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: suci chan
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:09
Last Modified: 12 Sep 2025 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119350

Actions (login required)

View Item View Item