Strategi Destination Branding Situ Bagendit sebagai destinasi wisata unggulan: Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut

Sapari, Farhan Putra (2025) Strategi Destination Branding Situ Bagendit sebagai destinasi wisata unggulan: Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftar isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Destination Branding merupakan proses strategis membangun identitas kuat suatu destinasi yang berbeda dari semua destinasi kompetitif. Situ Bagendit merupakan salah satu destinasi “Wisata Unggulan” yang berada di Kabupaten Garut dengan potensi besar sebagai wisata alam berbasis danau. Situ Bagendit menerapkan strategi destination branding sebagai upaya membangun identitas “Wisata Unggulan” dan ramah keluarga, serta menarik minat wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tahapan strategi destination branding diterapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut melalui lima tahapan strategi destination branding dari Morgan dan Pritchard, yaitu: market investigation, analysis and strategic recommendation, brand identity development, brand launch and introduction, brand implementation dan monitoring, evaluation and review. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi branding Situ Bagendit dilakukan secara bertahap dan terstruktur, yaitu tahap pertama market investigation, analysis and strategic recommendation melalui analisis karakteristik dan kebutuhan pengunjung, studi banding dan analisis persaingan, serta analisis keunggulan dan peluang pasar, tahap brand identity development melalui pembentukan nama, logo serta tagline brand, tahap brand launch and introduction dengan promosi melalui advertising direct marketing dan publicity, tahap brand implementation melalui pembangunan dan revitalisasi fasilitas, melibatkan masyarakat lokal serta sinergi lintas sektor untuk pemeliharaan lingkungan, tahap monitoring, evaluation and review yang dilakukan secara berkala untuk menjaga konsistensi brand. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut telah melakukan destination branding terhadap Situ Bagendit sebagai destinasi “Wisata Unggulan” dan ramah keluarga dengan menerapkan model menurut Morgan dan Pritchard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Destination branding; Situ Bagendit; Strategi Branding; Komunikasi Pariwisata
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Folklore > Folk Literature by Specific Localities
Geology > Lakes
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Farhan Putra Sapari
Date Deposited: 17 Sep 2025 07:50
Last Modified: 17 Sep 2025 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119938

Actions (login required)

View Item View Item