Respon siswa terhadap penerapan Model Games Based Learning tipe Board Challenge dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Al-qur'an Hadis: Penelitian Korelasional terhadap siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung

Mahendra, Gusti Arinda Putri (2025) Respon siswa terhadap penerapan Model Games Based Learning tipe Board Challenge dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Al-qur'an Hadis: Penelitian Korelasional terhadap siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism (sudah diperbaiki).pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MAN 2 Kota Bandung, ditemukan permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis. Dari 212 siswa, hanya 35,48% yang memperoleh nilai di atas KKM, sementara 64,15% mendapat nilai di bawah KKM. Fenomena ini menunjukkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan hasil belajar siswa, sehingga perlu dikaji hubungan antara respon siswa terhadap penerapan model Games Based Learning (GBL) tipe Board Challenge dengan hasil belajar kognitif mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) Respon siswa terhadap penerapan model Games Based Learning (GBL) tipe Board Challenge, (2) Hasil belajar kognitif siswa, (3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan model Games Based Learning (GBL) tipe Board Challenge dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Kerangka berpikir penelitian merujuk pada teori konstruktivisme Piaget dan behaviorisme Skinner, dimana elemen permainan dalam model GBL tipe Board Challenge berfungsi sebagai stimulus yang dapat memunculkan respon aktif siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan kerangka teoritis tersebut, diajukan hipotesis bahwa diduga terdapat hubungan signifikan antara respon siswa terhadap model GBL tipe Board Challenge dengan hasil belajar kognitif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional terhadap 81 siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis meliputi uji instrumen, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, analisis korelasi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian: 1) Respon siswa terhadap penerapan model GBL tipe Board Challenge kategori positif dengan skor rata-rata 4,06; 2) Hasil belajar kognitif kategori sangat baik dengan skor rata-rata 91; 3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan model GBL tipe Board Challenge dengan hasil belajar kognitif siswa adalah: (a) Koefisien korelasi -0,287 (kategori lemah) berada pada interval 0,21 - 0,40; (b) Hipotesis dinyatakan diterima karena nilai rhitung (-2,661) > nilai rtabel (1,990); (c) Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,082 atau 8,2% menunjukkan bahwa variabel respon siswa berkontribusi dalam menjelaskan 8,2% variasi hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon Siswa; Games Based Learning; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Religious Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gusti Arinda Putri Mahendra
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:51
Last Modified: 16 Sep 2025 07:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120298

Actions (login required)

View Item View Item