Pengembangan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Hafidzi, Muhamad Ridwan (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_absrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini merupakan penelitian pengembangan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP), 2) keefektifan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP) dan 3) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, metode penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan 1) kelayakan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP) yang layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli lapangan dengan persentase rata-rata 87%; 2) keefektifan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP) selama tiga pertemuan menggunakan AABTLT with SAS berlangsung secara efektif dengan persentase rata-rata 88,34%; 3) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP) berada dalam kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0,76 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxson menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah penggunaan E-LKPD berbasis Curious Note Program (CNP).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Curious Note Program; Keterampilan Berpikir Kritis; Gelombang Bunyi
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Ridwan Hafidzi
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:21
Last Modified: 17 Sep 2025 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120337

Actions (login required)

View Item View Item