Fauziah, Carmelia (2025) Penyiar Artificial Intelligence sebagai strategi penyiaran berita: Studi Kasus segmen News Update MGT Radio. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
3_SKBebasPlagiarisme.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB 1.pdf Download (487kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, industri penyiaran dihadapkan pada tuntutan untuk terus berinovasi agar tetap relevan dan menyeimbangkan perkembangan zaman. Kebutuhan akan terobosan yang signifikan memaksa stasiun radio untuk memperbaiki strategi penyiarannya. Sebagai respons atas tuntutan ini, MGT Radio mengambil langkah dengan mengadopsi penyiar Artificial Intelligence (AI). Kehadiran penyiar AI ini menjadi solusi inovatif yang mereka terapkan, khususnya untuk segmen News Update. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam inovasi MGT Radio, khususnya pada segmen News Update, dalam menerapkan penyiar AI sebagai strategi pemberitaan. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana inovasi tersebut diterapkan, serta untuk mengidentifikasi saluran komunikasi yang digunakan dalam proses penyiaran, kemudian mengetahui bagaimana sistem sosial tim News Update MGT Radio dan audiens yang dapat beradaptasi dengan kehadiran teknologi AI dalam proses penyampaian berita. Teori yang digunakan adalah Difusi Inovasi dari Everett Rogers (2003), yang mendeskripsikan inovasi sebagai ide, praktik, atau objek yang dianggap baru oleh individu atau sistem sosial dan mampu disebarluaskan lalu dapat diadopsi oleh khalayak luas. Teori ini relevan, karena bagi peneliti dapat menganalisis secara mendalam inovasi yang diadopsi dapat diterima atau tidak oleh khalayak. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, sedangkan metode penelitian yang diterapkan yaitu studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, obsevasi, dan dokumentasi terhadap staf MGT Radio yaitu produser, audio production, dan digital officer. Kemudian narasumber pendukung dari audiens dan announcer. Hasil penelitian menunjukan bahwa MGT Radio telah mengadopsi penyiar AI sebagai salah satu strateginya dalam penyiaran pemberitaan pada program News Update. Dengan menggunakan penyiar AI dianggap sebagai variasi dalam penyiaran berita, dan berdampak baik karena siaran menjadi lebih sering dan terklasifikasi. Peneliti menyimpulkan bahwa MGT Radio telah berhasil dalam pengadopsian penyiar AI ini terlihat dari respon positif audiens yang merasa tidak terganggu akan hadirnya penyiar AI di segmen News Update MGT Radio.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyiar Artificial Intelligence, Strategi Penyiaran Berita, Difusi; inovasi; MGT Radio |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Audiences Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Carmelia Fauziah |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 00:48 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 00:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |