Hubungan antara implementasi prasiaga PAUD dengan karakter kebangsaan anak usia dini: Penelitian kuantitatif di kelompok B TK Haruman ILY Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung

Nisa, Ripa Miranti (2025) Hubungan antara implementasi prasiaga PAUD dengan karakter kebangsaan anak usia dini: Penelitian kuantitatif di kelompok B TK Haruman ILY Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan sejak usia dini melalui pendekatan yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya melalui program Prasiaga PAUD yang merupakan bagian dari pendidikan kepramukaan untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Prasiaga PAUD di Kelompok B TK Haruman ILY Kec.Ujung Berung Kota Bandung; 2) Karakter Kebangsaan anak di Kelompok B TK Haruman ILY Kec.Ujung Berung Kota Bandung; 3) Hubungan antara implementasi Prasiaga PAUD dengan karakter kebangsaan anak usia dini di Kelompok B TK Haruman ILY Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Penelitian ini mengacu pada teori pendidikan karakter Thomas Lickona (1991) yang mencakup tiga aspek: moral knowing, moral feeling, dan moral action. Implementasi Prasiaga PAUD secara sistematis mengintegrasikan ketiga aspek tersebut melalui kegiatan bermain yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan dengan pendekatan bermain sambil belajar yang dilakukan secara berulang, Prasiaga PAUD diharapkan mampu membentuk karakter kebangsaan anak secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi implementasi Prasiaga PAUD, semakin tinggi pula karakter kebangsaan anak usia dini, dan demikian pula sebaliknya. Sedangkan untuk karakter kebangsaan difokuskan pada nilai demokratis dan cinta tanah air. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Subjek penelitian ini adalah 15 anak di Kelompok B TK Haruman ILY Kec. Ujung Berung Kota Bandung. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis parsial, uji normalitas, uji linieritas regresi, dan analisis korelasi Spearman Rank karena data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,909 yang berada pada kategori hubungan sangat kuat. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung (7,856) > ttabel (1,771) pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara implementasi Prasiaga PAUD dengan karakter kebangsaan anak usia dini. Dari hasil perhitungan, implementasi Prasiaga PAUD memberikan kontribusi sebesar 83% terhadap pembentukan karakter kebangsaan anak, sementara 17% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, program Prasiaga PAUD terbukti efektif sebagai strategi dalam membentuk karakter kebangsaan sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prasiaga PAUD; Karakter Kebangsaan; Anak Usia Dini; Korelasi Spearman Rank
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Education and Research of Literatures
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ripa Miranti Nisa
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:06
Last Modified: 18 Sep 2025 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120431

Actions (login required)

View Item View Item