Saharoh, Sinta Laela (2025) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (481kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi digital mendorong lahirnya media pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami, salah satunya berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan, keterlaksanaan, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran AR. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan peserta didik kelas X di MA Ar-Rosyidiah Kota Bandung sebanyak 33 orang. Instrumen meliputi validasi ahli (media, materi, guru), lembar observasi keterlaksanaan, dan soal berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji validitas Gregory, observasi, N-Gain, dan paired sample t-test. Hasil menunjukkan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu sangat layak (indeks validitas > 0,857), keterlaksanaan oleh peserta didik 83,8%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tergolong tinggi dengan N-Gain sebesar 0,83 (kategori tinggi) dan nilai signifikansi (2-tailed) yang tercatat adalah 0.000. Karena nilai probabilitas (p) yang sangat kecil (p < 0.05), hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan media AR pada materi energi terbarukan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Assemblr Edu; Augmented Reality; berpikir kritis; energi terbarukan; media pembelajaran |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sinta Laela Saharoh |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:44 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |