Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan

Saharoh, Sinta Laela (2025) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi digital mendorong lahirnya media pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami, salah satunya berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan, keterlaksanaan, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran AR. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan peserta didik kelas X di MA Ar-Rosyidiah Kota Bandung sebanyak 33 orang. Instrumen meliputi validasi ahli (media, materi, guru), lembar observasi keterlaksanaan, dan soal berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji validitas Gregory, observasi, N-Gain, dan paired sample t-test. Hasil menunjukkan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu sangat layak (indeks validitas > 0,857), keterlaksanaan oleh peserta didik 83,8%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tergolong tinggi dengan N-Gain sebesar 0,83 (kategori tinggi) dan nilai signifikansi (2-tailed) yang tercatat adalah 0.000. Karena nilai probabilitas (p) yang sangat kecil (p < 0.05), hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan media AR pada materi energi terbarukan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Assemblr Edu; Augmented Reality; berpikir kritis; energi terbarukan; media pembelajaran
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sinta Laela Saharoh
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:44
Last Modified: 18 Sep 2025 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120499

Actions (login required)

View Item View Item