Azizah, Rina Nur (2025) Pengembangan media pembelajaran melalui big book dalam mengenalkan makanan halal dan haram pada anak usia dini: Penelitian di kelompok B1 Raudhatul Athfal Al Ihsan, Cibiru Hilir, Cileunyi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text
1_cover.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
3_skplagiasi.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (471kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penanaman nilai keagamaan sejak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter anak, termasuk Pengenalan tentang makanan halal dan haram. Observasi di RA Al Ihsan Cibiru Hilir menunjukkan bahwa meskipun tema ini pernah diajarkan, Pengenalan anak masih rendah. Mengingat makanan merupakan kebutuhan dasar yang erat dengan kehidupan anak, maka diperlukan media pembelajaran yang menarik, konkret, dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Big Book menjadi salah satu media yang potensial karena menyajikan cerita singkat, teks sederhana, serta ilustrasi besar yang mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Big Book yang valid, layak, dan efektif untuk mengenalkan makanan halal dan haram pada anak usia dini. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat membantu guru menyampaikan materi keagamaan dengan lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna, sehingga Pengenalan anak meningkat dan dapat tertanam sejak usia dini. Landasan teoritis penelitian ini merujuk pada pandangan Gagné & Briggs yang menekankan bahwa media pembelajaran mampu merangsang pikiran, minat, dan perasaan peserta didik. Selain itu, Karges-Bone menegaskan efektivitas Big Book karena memuat teks yang sederhana, pola kalimat yang jelas, serta ilustrasi bermakna yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Dengan teori ini, Big Book dipandang tidak hanya sebagai media literasi awal, tetapi juga sarana untuk menanamkan nilai keagamaan secara menyenangkan. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas. Setelah proses validasi, media yang dikembangkan diuji coba secara terbatas pada kelompok B1 RA Al Ihsan untuk mengukur efektivitasnya dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan media Big Book memperoleh tingkat kelayakan 87,5% dari ahli media, 100% dari ahli materi, dan 87,29% dari guru kelas, yang termasuk kategori “sangat layak.” Uji coba membuktikan anak mampu menyebutkan dan membedakan makanan halal dan haram dengan benar, menunjukkan antusiasme tinggi, serta aktif berinteraksi. Guru pun memberi respons positif terhadap aspek visual, relevansi materi, dan kemudahan implementasi. Dengan demikian, Big Book “Aku Suka Makanan Halal” layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran anak usia dini
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Bigbook; Anak Usia Dini; Makanan; Halal; Haram |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education Education, Research |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azizah Rina |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:40 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |