Pengembangan media pembelajaran melalui big book dalam mengenalkan makanan halal dan haram pada anak usia dini: Penelitian di kelompok B1 Raudhatul Athfal Al Ihsan, Cibiru Hilir, Cileunyi

Azizah, Rina Nur (2025) Pengembangan media pembelajaran melalui big book dalam mengenalkan makanan halal dan haram pada anak usia dini: Penelitian di kelompok B1 Raudhatul Athfal Al Ihsan, Cibiru Hilir, Cileunyi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skplagiasi.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penanaman nilai keagamaan sejak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter anak, termasuk Pengenalan tentang makanan halal dan haram. Observasi di RA Al Ihsan Cibiru Hilir menunjukkan bahwa meskipun tema ini pernah diajarkan, Pengenalan anak masih rendah. Mengingat makanan merupakan kebutuhan dasar yang erat dengan kehidupan anak, maka diperlukan media pembelajaran yang menarik, konkret, dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Big Book menjadi salah satu media yang potensial karena menyajikan cerita singkat, teks sederhana, serta ilustrasi besar yang mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Big Book yang valid, layak, dan efektif untuk mengenalkan makanan halal dan haram pada anak usia dini. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat membantu guru menyampaikan materi keagamaan dengan lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna, sehingga Pengenalan anak meningkat dan dapat tertanam sejak usia dini. Landasan teoritis penelitian ini merujuk pada pandangan Gagné & Briggs yang menekankan bahwa media pembelajaran mampu merangsang pikiran, minat, dan perasaan peserta didik. Selain itu, Karges-Bone menegaskan efektivitas Big Book karena memuat teks yang sederhana, pola kalimat yang jelas, serta ilustrasi bermakna yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Dengan teori ini, Big Book dipandang tidak hanya sebagai media literasi awal, tetapi juga sarana untuk menanamkan nilai keagamaan secara menyenangkan. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas. Setelah proses validasi, media yang dikembangkan diuji coba secara terbatas pada kelompok B1 RA Al Ihsan untuk mengukur efektivitasnya dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan media Big Book memperoleh tingkat kelayakan 87,5% dari ahli media, 100% dari ahli materi, dan 87,29% dari guru kelas, yang termasuk kategori “sangat layak.” Uji coba membuktikan anak mampu menyebutkan dan membedakan makanan halal dan haram dengan benar, menunjukkan antusiasme tinggi, serta aktif berinteraksi. Guru pun memberi respons positif terhadap aspek visual, relevansi materi, dan kemudahan implementasi. Dengan demikian, Big Book “Aku Suka Makanan Halal” layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran anak usia dini

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Bigbook; Anak Usia Dini; Makanan; Halal; Haram
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizah Rina
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:40
Last Modified: 18 Sep 2025 03:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120520

Actions (login required)

View Item View Item