Pengaruh kompetensi sosial dan profesional terhadap kinerja guru: Penelitoan di SD Labschool UPI, SDIT Al Mumtaz dan SD Plus Ar Rahmat Cileunyi Bandung

Mahfiroh, Lailatul (2025) Pengaruh kompetensi sosial dan profesional terhadap kinerja guru: Penelitoan di SD Labschool UPI, SDIT Al Mumtaz dan SD Plus Ar Rahmat Cileunyi Bandung. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover tesis.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ilong Watermark.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARSM)
keterangan bebas plagiarsm.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ilong Watermark-16-18.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I ilong Watermark-23-57.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II Watermark-58-80.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III ilong Watermark-81-118.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV ilong Watermark-119-183.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V ilong Watermark-184-188.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS ilong Watermark-189-201.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN ilong Watermark-202-222.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam peningkatan mutu pendidikan dasar, namun kenyataannya masih ditemukan berbagai permasalahan seperti di SD Labschool UPI Cibiru tingginya beban administratif, SDIT Al Mumtaz rendahnya kolaborasi dan SD Plus Ar Rahmat, keterbatasan komunikasi efektif serta penguasaan materi dan teknologi pembelajaran yang belum optimal. Kondisi ini terlihat pada guru, yang menunjukkan variasi dalam kompetensi sosial dan profesional sehingga berdampak pada mutu kinerja guru. Masalah tersebut menjadi urgensi penelitian untuk mengkaji sejauh mana kompetensi sosial dan profesional berpengaruh terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi sosial terhadap kinerja guru, pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, serta pengaruh keduanya secara simultan pada guru di tiga sekolah dasar. Penelitian ini didasarkan oleh teori kompetensi sosial, yang mencakup komunikasi, adaptasi, kolaborasi, dan kecerdasan sosial, serta kompetensi profesional, meliputi penguasaan materi, memahami kondisi peserta didik, memahami prinsip dan teknik mengajar, menguasai cabang ilmu terkait bidang studi, dan mengahargai profesi. Kinerja guru diukur berdasarkan indikator perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penggunaan media. Berdasarkan kerangka tersebut, hipotesis penelitian dirumuskan: (1) terdapat pengaruh signifikan kompetensi sosial terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh signifikan kompetensi profesional terhadap kinerja guru, dan (3) terdapat pengaruh signifikan kompetensi sosial dan profesional secara simultan terhadap kinerja guru. Ketiga hipotesis ini diuji untuk mengetahui kontribusi relatif maupun bersama-sama dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 109 guru dari ketiga sekolah, dipilih menggunakan teknik proporsional. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial berpengaruh signifikan dengan kontribusi 66,4% terhadap kinerja guru, sedangkan kompetensi profesional memberikan pengaruh sebesar 21,8%. Secara simultan, kedua variabel berkontribusi 53,5% dalam peningkatan kinerja guru, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Kesimpulan utama adalah perlunya penguatan kompetensi sosial dan profesional sebagai prioritas pembinaan guru. Implikasi penelitian menekankan pentingnya pelatihan komunikasi efektif, kolaborasi, penguasaan teknologi pembelajaran, serta penyederhanaan beban administratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Education
Education > Miscellany of Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahfiroh Lailatul
Date Deposited: 18 Sep 2025 15:43
Last Modified: 18 Sep 2025 15:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120745

Actions (login required)

View Item View Item