Mumtaz, Hasna Nabilah (2025) Manajemen strategik program kelas bilingual dalam pengembangan kompetensi global: Studi kasus di SD Labschool UPI Cibiru. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER TESIS FIX.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz-.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT BEBAS PLAGIASI)
Surat lulus plagiasi_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar ISI Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Download (398kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTKA)
DAPUS Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Watermark_Hasna Nabilah Mumtaz.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Program kelas bilingual di tingkat sekolah dasar menghadapi tantangan dalam im-plementasi strategis yang terstruktur, terutama terkait konsistensi penggunaan baha-sa, kualifikasi guru, dan sistem evaluasi capaian kompetensi global siswa. Di SD Labschool UPI Cibiru, program ini belum sepenuhnya terdokumentasi secara formal, meskipun praktik pembelajaran menunjukkan orientasi strategik yang kuat terhadap pembentukan identitas global peserta didik. Tantangan ini mendorong perlunya evaluasi menyeluruh agar strategi program bilingual selaras dengan tuntutan kompe-tensi abad ke-21. Studi ini berupaya menelaah secara kritis strategi perencanaan, implementasi, evaluasi, dan hasil program kelas bilingual sebagai medium pemben-tukan kompetensi global yang kontekstual dan berkelanjutan. Studi ini dirancang sebagai eksplorasi mendalam berbasis pendekatan kualitatif yang mengadopsi para-digma interpretatif untuk menangkap kompleksitas strategi dan dinamika program bilingual dalam konteks sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi wawancara mendalam dengan beberapa informan yang terlibat langsung dengan program, observasi langsung, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program bersifat partisipatif dan adaptif, namun belum didukung oleh dokumentasi formal seperti analisis SWOT atau SOP khusus. Implementasi program menggabungkan kurikulum nasional dan internasional dengan pendekatan translanguaging dan scaffolding, serta diperkuat oleh kegiatan pengayaan seperti English Literacy dan Inspirational Talk. Evaluasi dilakukan secara rutin setiap semester, namun hasilnya disampaikan secara naratif dan belum terin-tegrasi dalam sistem dokumentasi formal. Program ini menghasilkan peningkatan kemampuan bahasa Inggris, kepercayaan diri, dan sikap multikultural siswa, serta aspirasi untuk berpartisipasi dalam komunitas global. Penelitian ini merekomendasi-kan penguatan sistem dokumentasi strategis, penyusunan SOP khusus, pelatihan ket-erampilan bahasa akademik (CALP) bagi guru, serta pengembangan sistem evaluasi berbasis data. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan strategi pendidikan bi-lingual yang adaptif, kontekstual, dan relevan di tingkat dasar, serta memperkuat arah kebijakan pendidikan dalam membentuk kompetensi global siswa secara berke-lanjutan. Program bilingual di SD Labschool UPI Cibiru secara nyata mendukung pengembangan komponen utama kompetensi global, seperti kemampuan menganalisis isu lokal dan global, keterampilan komunikasi antarbudaya, sikap tanggung jawab sosial, serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar berperan sebagai medium utama dalam membentuk kesadaran linguistik, memperluas perspektif siswa, dan membangun identitas global yang inklusif. Kata Kunci: Manajemen Strategik, Program Bilingual, Kompetensi Global
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik; Program Bilingual; Kompetensi Global |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education Building for Educational and Research Purposes |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hasna Mumtaz Hasna Nabilah |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 15:47 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 15:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |