Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi experiment di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Berliana, Della (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi experiment di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Hal ini terlihat dari rendahnya minat belajar, kurangnya keterlibatan siswa dalam diskusi, serta nilai rata-rata siswa yang masih di bawah KKM. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi, kerja sama, serta hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk; (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak; (2) Menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik non-parametrik yang mencakup uji Mann-Whitney U, serta perhitungan N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang terbagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berjalan sesuai sintaks, melibatkan siswa secara aktif dalam diskusi kelompok, dan meningkatkan partisipasi belajar. (2) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0,79 yang termasuk kategori tinggi, dibandingkan kelas kontrol dengan N-Gain 0,17 yang termasuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Learning Together; Hasil Belajar Kognitif; Akidah Akhlak
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Della Berliana
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:03
Last Modified: 19 Sep 2025 02:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120794

Actions (login required)

View Item View Item