Azzahra, Addena (2025) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) terhadap peningkatan kemampuan literasi sains pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
01_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
02_abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
03_skbebasplagiarism.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
04_daftarisi.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
05_bab1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
![]() |
Text
06_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
07_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
08_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
09_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan literasi sains merupakan bagian dari kompetensi abad 21 yang penting dalam pendidikan sains. Kemampuan literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah dan perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue terhadap peningkatan kemampuan literasi sains pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain non-equivalen control group. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan H1 model PBL berbasis SSI memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model PBL berbasis SSI dapat diterapkan dengan sangat baik pada materi perubahan lingkungan, kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain 0,72 (tinggi) dan kelas kontrol memperoleh N-Gain 0,43 (sedang) dan respon siswa terhadap model PBL berbasis SSI termasuk sangat baik dan antusias. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model PBL berbasis socio-scientific issue terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based learning berbasis socio-scientific issue dapat membekali siswa menghadapi isu-isu sains dalam kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi sains; perubahan lingkungan; PBL; socio-scientific issue |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Addena Azzahra |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 08:31 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |