Pengembangan modul Elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi Fluida Statis

Fitriani, Annisa Nurul (2025) Pengembangan modul Elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi Fluida Statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (01. COVER)
COVER.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (02. ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (03. KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (04. DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (05. BAB I)
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (06. BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (07. BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (08. BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (09. BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (10. DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (11. LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik terjadi karena kurangnya sumber belajar yang mampu menstimulus untuk melakukan pemecahan masalah, belum maksimalnya pemanfaatan teknologi dan kurangnya penerapan indikator pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkanlah modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation sebagai sumber dan media pembelajaran yang mampu melatih dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik XI MIPA 1 sebanyak 36 dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil koefisien validitas sebesar 1 dengan interpretasi sangat tinggi, keterlaksanaan permbelajaran menggunakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation pada aktivitas guru mencapai persentase 90% dan pada aktivitas peserta didik mencapai persentase 84% serta peningkatan keterampilan pemecahan masalah berada pada kategori tinggi dengan rata-rata N-gain sebesar 0,71.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fluida statis; investigation based multiple representation; keterampilan pemecahan masalah; modul elektronik;
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Annisa Nurul Fitriani
Date Deposited: 20 Sep 2025 01:46
Last Modified: 20 Sep 2025 01:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120957

Actions (login required)

View Item View Item