Fitriani, Annisa Nurul (2025) Pengembangan modul Elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi Fluida Statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (01. COVER)
COVER.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (02. ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (03. KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (04. DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (05. BAB I)
BAB I.pdf Download (484kB) | Preview |
|
![]() |
Text (06. BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
![]() |
Text (07. BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
![]() |
Text (08. BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (09. BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
![]() |
Text (10. DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
![]() |
Text (11. LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik terjadi karena kurangnya sumber belajar yang mampu menstimulus untuk melakukan pemecahan masalah, belum maksimalnya pemanfaatan teknologi dan kurangnya penerapan indikator pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkanlah modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation sebagai sumber dan media pembelajaran yang mampu melatih dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik XI MIPA 1 sebanyak 36 dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil koefisien validitas sebesar 1 dengan interpretasi sangat tinggi, keterlaksanaan permbelajaran menggunakan modul elektronik berbasis Investigation Based Multiple Representation pada aktivitas guru mencapai persentase 90% dan pada aktivitas peserta didik mencapai persentase 84% serta peningkatan keterampilan pemecahan masalah berada pada kategori tinggi dengan rata-rata N-gain sebesar 0,71.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fluida statis; investigation based multiple representation; keterampilan pemecahan masalah; modul elektronik; |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika |
Depositing User: | Annisa Nurul Fitriani |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 01:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |