Pengembangan e-Module berbasis Anyflip untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Fluida dinamis

Topik, Topik (2025) Pengembangan e-Module berbasis Anyflip untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis aplikasi Anyflip guna meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida dinamis. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik serta terbatasnya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI F2.3 di SMAN 28 Kabupaten Tangerang. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar kognitif. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-module berbasis Anyflip dinilai layak oleh para ahli media, materi, dan guru. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-module tersebut menunjukkan kategori sangat baik. Hasil uji pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam aspek kognitif peserta didik, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,73 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, e-module berbasis Anyflip efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Module; Anyflip; hasil belajar kognitif; fluida dinamis; ADDIE
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Topik Topik -
Date Deposited: 20 Sep 2025 10:57
Last Modified: 20 Sep 2025 10:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121001

Actions (login required)

View Item View Item