Topik, Topik (2025) Pengembangan e-Module berbasis Anyflip untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (496kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis aplikasi Anyflip guna meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida dinamis. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik serta terbatasnya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI F2.3 di SMAN 28 Kabupaten Tangerang. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar kognitif. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-module berbasis Anyflip dinilai layak oleh para ahli media, materi, dan guru. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-module tersebut menunjukkan kategori sangat baik. Hasil uji pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam aspek kognitif peserta didik, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,73 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, e-module berbasis Anyflip efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida dinamis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Module; Anyflip; hasil belajar kognitif; fluida dinamis; ADDIE |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Topik Topik - |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 10:57 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 10:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |