Efektivitas metode Totally Phisycal Respon (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MI

Hidayat, Fajar Muharam (2025) Efektivitas metode Totally Phisycal Respon (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ajar Muharam Hidayat.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
Lampiran (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi, bahwa terdapat masalah mendasar. Dimana siswa kelas III belum dapat berbicara bahasa Arab dengan baik, terutama dalam kepercayaan diri untuk berbicara bahasa Arab, pengucapan kalimat yang masih terbata bata, intonasi percakapan yang rancu, dan tidak komunikatif. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran totally physical respon, 2) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran hiwar, 3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang menggunakan metode Totally Phisycal Respon lebih baik daripada peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang menggunakan metode pembelajaran Hiwar, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksankan pada peserta didik kelas III di MI Condong Kota Tasikmalaya yang terdiri dari 45 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari, pretest dan posttest , observasi dan dokumentasi. Dengan hipotesis penelitian peningkatan keterampilan berbicara siswa yang menerapkan metode totally physical respon lebih baik daripada yang menerapkan metode hiwar. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Keterampilan berbicara siswa yang menggunakan metode totally physical response nilai rata-rata pretestnya sebesar 39 berada pada kategori gagal, Lalu setelah diterapkan metode pembelajaran totally physical respon menjadi meningkat. Dilihat dari rata-rata nilai posttest sebesar 90 berada dalam kategori sangat baik, 2) Keterampilan berbicara siswa yang menggunakan metode hiwar nilai rata-rata pretestnya sebesar 38 berada pada kategori gagal, Lalu untuk rata-rata nilai posttest sebesar 50 berada dalam kategori kurang, 3) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa setelah menggunakan metode pembelajaran totally physical respon lebih baik daripada yang menggunakan metode pembelajaran hiwar, hal ini dibuktikan dengan uji Man-whitney yang menunjukan nilai Asymp. Sig. 0,001 (kurang dari 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara; Metode Pembelajaran; Totally Physical Response
Subjects: Bahasa Arab
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fajar Muharam
Date Deposited: 21 Sep 2025 12:06
Last Modified: 22 Sep 2025 03:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121042

Actions (login required)

View Item View Item