Hidayat, Fajar Muharam (2025) Efektivitas metode Totally Phisycal Respon (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ajar Muharam Hidayat.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
![]() |
Text
Lampiran (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi, bahwa terdapat masalah mendasar. Dimana siswa kelas III belum dapat berbicara bahasa Arab dengan baik, terutama dalam kepercayaan diri untuk berbicara bahasa Arab, pengucapan kalimat yang masih terbata bata, intonasi percakapan yang rancu, dan tidak komunikatif. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran totally physical respon, 2) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran hiwar, 3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang menggunakan metode Totally Phisycal Respon lebih baik daripada peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang menggunakan metode pembelajaran Hiwar, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksankan pada peserta didik kelas III di MI Condong Kota Tasikmalaya yang terdiri dari 45 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari, pretest dan posttest , observasi dan dokumentasi. Dengan hipotesis penelitian peningkatan keterampilan berbicara siswa yang menerapkan metode totally physical respon lebih baik daripada yang menerapkan metode hiwar. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Keterampilan berbicara siswa yang menggunakan metode totally physical response nilai rata-rata pretestnya sebesar 39 berada pada kategori gagal, Lalu setelah diterapkan metode pembelajaran totally physical respon menjadi meningkat. Dilihat dari rata-rata nilai posttest sebesar 90 berada dalam kategori sangat baik, 2) Keterampilan berbicara siswa yang menggunakan metode hiwar nilai rata-rata pretestnya sebesar 38 berada pada kategori gagal, Lalu untuk rata-rata nilai posttest sebesar 50 berada dalam kategori kurang, 3) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa setelah menggunakan metode pembelajaran totally physical respon lebih baik daripada yang menggunakan metode pembelajaran hiwar, hal ini dibuktikan dengan uji Man-whitney yang menunjukan nilai Asymp. Sig. 0,001 (kurang dari 0,05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara; Metode Pembelajaran; Totally Physical Response |
Subjects: | Bahasa Arab Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Language Skills for Elementary Education Elementary Education > Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fajar Muharam |
Date Deposited: | 21 Sep 2025 12:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |