Penerapan metode Demonstrasi berbantu media PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan Hasil Belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMKN 13 Bandung

Mawardi, Akmal Septian (2025) Penerapan metode Demonstrasi berbantu media PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan Hasil Belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMKN 13 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan dan observasi awal di kelas XI Analisis Kimia SMKN 13 Bandung menunjukkan rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, diduga karena metode pembelajaran yang kurang interaktif. Penelitian ini menerapkan metode demonstrasi berbantu media PowerPoint interaktif untuk mengatasi masalah tersebut, dengan fokus pada materi larangan perkelahian pelajar, minuman keras, dan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode demonstrasi berbantu media PowerPoint interaktif dan Metode Konvensional, 2) Perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kontrol, 3) Respons siswa terhadap metode demonstrasi berbantu media PowerPoint dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKN 13 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori kognitivisme (Piaget, 1980) dan teori pembelajaran multimedia (Mayer, 2009), metode demonstrasi berbantu PowerPoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif melalui pemrosesan informasi aktif. Media PowerPoint interaktif membantu memfasilitasi pembelajaran siswa dan mendukung visi SMKN 13 untuk lulusan berakhlak mulia. Langkah-langkah pada penelitian ini meliputi 1) Pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis non-equivalent control group design, 2) Sumber penelitian siswa kelas XI Analisis Kimia SMKN 13 Bandung dengan populasi 208 siswa dan diambil untuk sampel sebanyak 64 siswa, 3) Tempat dan waktu penelitian di SMKN 13 Bandung dari tanggal 1 Agustus 2025, 4) Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test), angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi, 5) Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenits, uji hipotesis, uji N-Gain score, uji validitas, dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh Kesimpulan: 1) Penerapan Metode demonstrasi berbantu Media PowerPoint interaktif diterapkan dengan baik (keterlaksanaan 90–94%) pada kelas eksperimen, sedangkan metode konvensional (keterlaksaan 80-87%). 2) Perbedaan Hasil belajar kognitif kelas eksperimen meningkat dari 84,38 (pre-test) menjadi 97,03 (post-test) dengan N-Gain 0,76 (tinggi), sedangkan kelas kontrol dari 78,44 menjadi 86,72 dengan N-Gain 0,38 (sedang). Uji t (-6,980, p = 0,000 < 0,05) menunjukkan perbedaan signifikan. 3) Respons siswa di kelas eksperimen memberikan respon positif, dengan skor angket meningkat dari 3,45 (cukup baik) menjadi 4,32 (sangat baik), sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 3,20 menjadi 3,50.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; PowerPoint interaktif; hasil belajar kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akmal Akmal Akmal Septian Mawardi
Date Deposited: 20 Sep 2025 10:05
Last Modified: 20 Sep 2025 10:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121067

Actions (login required)

View Item View Item