Mubarokah, Alifah (2025) Pengaruh testimoni dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Somethinc pad e-Commerce Shopee dikalangan mahasiswa angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Keterangan Bebas Plagiarism (1).pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (611kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meskipun testimoni dan influencer marketing banyak digunakan oleh brand kecantikan seperti Somethinc di Shopee, efektivitasnya dalam memengaruhi keputusan pembelian mahasiswa masih belum terukur. Mahasiswa sebagai konsumen selektif sering mencari informasi dari ulasan dan rekomendasi influencer, namun belum jelas faktor mana yang lebih dominan dalam membentuk kepercayaan dan keputusan mereka. Hal ini menunjukkan perlunya penelitian yang mengkaji secara spesifik pengaruh kedua strategi tersebut terhadap keputusan pembelian produk Somethinc di kalangan mahasiswa. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh testimoni terhadap kepuutusan pembelian, influencer marketing terhadap krputusan pembelian, dan untuk mengetahui pengaruh testimoni dan influencer marketing terhadap Keputusan pembelian baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan terdiri dari testimoni dan Influencer Marketing sedangkan variabel dependen Adalah Keputusan penbelian. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu testimoni (Ariyadi, 2020), Influencer Marketing (Lengkawati, 2021), dan Keputusan Pembelian (Kotler dan Keller 2016). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden Mahasiswa Angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji instrument data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji statistik t dan uji statistik f), dan analisis koefesien determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 31. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel testimoni berpengaruh terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,001 dan nilai koefisien regresi 0,559. Demikian pula, variabel influencer marketing berpengaruh terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,001 dan nilai koefsien regresi 0,371. Secara simultan testimoni dan influencer marketing bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 43,226 dan nilai koefisien determinasi 0,471 atau 47,1%. Perusahaan disarankan memastikan ketersediaan produk Somethinc di Shopee dengan variasi lengkap, memberikan promo menarik seperti diskon, gratis ongkir, serta menyajikan deskripsi produk yang jelas dan foto berkualitas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Testimoni; Influencer Marketing; Keputusan Pembelian |
Subjects: | General Management General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Alifah Mubarokah |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:14 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 05:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |