Pengaruh testimoni dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Somethinc pad e-Commerce Shopee dikalangan mahasiswa angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mubarokah, Alifah (2025) Pengaruh testimoni dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Somethinc pad e-Commerce Shopee dikalangan mahasiswa angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Keterangan Bebas Plagiarism (1).pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meskipun testimoni dan influencer marketing banyak digunakan oleh brand kecantikan seperti Somethinc di Shopee, efektivitasnya dalam memengaruhi keputusan pembelian mahasiswa masih belum terukur. Mahasiswa sebagai konsumen selektif sering mencari informasi dari ulasan dan rekomendasi influencer, namun belum jelas faktor mana yang lebih dominan dalam membentuk kepercayaan dan keputusan mereka. Hal ini menunjukkan perlunya penelitian yang mengkaji secara spesifik pengaruh kedua strategi tersebut terhadap keputusan pembelian produk Somethinc di kalangan mahasiswa. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh testimoni terhadap kepuutusan pembelian, influencer marketing terhadap krputusan pembelian, dan untuk mengetahui pengaruh testimoni dan influencer marketing terhadap Keputusan pembelian baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan terdiri dari testimoni dan Influencer Marketing sedangkan variabel dependen Adalah Keputusan penbelian. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu testimoni (Ariyadi, 2020), Influencer Marketing (Lengkawati, 2021), dan Keputusan Pembelian (Kotler dan Keller 2016). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden Mahasiswa Angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji instrument data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji statistik t dan uji statistik f), dan analisis koefesien determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 31. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel testimoni berpengaruh terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,001 dan nilai koefisien regresi 0,559. Demikian pula, variabel influencer marketing berpengaruh terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,001 dan nilai koefsien regresi 0,371. Secara simultan testimoni dan influencer marketing bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 43,226 dan nilai koefisien determinasi 0,471 atau 47,1%. Perusahaan disarankan memastikan ketersediaan produk Somethinc di Shopee dengan variasi lengkap, memberikan promo menarik seperti diskon, gratis ongkir, serta menyajikan deskripsi produk yang jelas dan foto berkualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Testimoni; Influencer Marketing; Keputusan Pembelian
Subjects: General Management
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Alifah Mubarokah
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:14
Last Modified: 23 Sep 2025 05:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121431

Actions (login required)

View Item View Item