Nugroho, Kintaro Dinan (2025) Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset pada perusahaan sektor maskapai penerbangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (459kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
8_bab4 (8).pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5 (13).pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka (11).pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran (21).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan aset dan rugi bersih yang terdapat pada perusahaan sektor maskapai penerbangan khususnya yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Metode yang umum digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan ialah dengan analisis rasio keuangan yang mampu memberikan gambaran mengenai likuiditas, efisiensi pengelolaan aset, leverage hingga tingkat profitabilitas yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh Current Ratio terhadap Return On Asset; 2) Pengaruh Total Asset Turnover terhadap Return On Asset; 3) Pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset; 4) Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Return On Asset Kerangka teori pada penelitian ini berlandaskan Trade Off Theory yang menyatakan menyatakan bahwa penggunaan utang memberi manfaat pajak sehingga dapat meningkatkan profitabilitas. Namun, apabila utang terlalu tinggi, risiko kebangkrutan meningkat dan dapat menurunkan profitabilitas. Selain itu juga berlandaskan pada Efficiency Theory yang menyatakan bahwa perusahaan yang mampu mengelola asetnya secara efektif akan menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi. Langkah penelitian ini menggabungkan metodologi kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data sekunder berasal dari annual report yang diambil dari perusahaan sektor maskapai penerbangan di tahun 2020-2024. Metode analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif dan analisis asosiatif (uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis) Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa satu-satunya variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset adalah Current Ratio. Sedangkan Total Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Asset. Kemudian pengujian secara simultan, tiga variabel independen terhadap satu variabel dependen, tidak menunjukkan hasil berpengaruh signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Current Ratio; Total Asset Turnover; Debt to Equity Ratio; Return On Asset; Maskapai Penerbangan; ISSI |
Subjects: | Accounting > Financial Reporting General Management > Financial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | Kintaro Dinan Nugroho |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:30 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |