Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset pada perusahaan sektor maskapai penerbangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2024

Nugroho, Kintaro Dinan (2025) Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset pada perusahaan sektor maskapai penerbangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
8_bab4 (8).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
9_bab5 (13).pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka (11).pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran (21).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan aset dan rugi bersih yang terdapat pada perusahaan sektor maskapai penerbangan khususnya yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Metode yang umum digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan ialah dengan analisis rasio keuangan yang mampu memberikan gambaran mengenai likuiditas, efisiensi pengelolaan aset, leverage hingga tingkat profitabilitas yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh Current Ratio terhadap Return On Asset; 2) Pengaruh Total Asset Turnover terhadap Return On Asset; 3) Pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset; 4) Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Return On Asset Kerangka teori pada penelitian ini berlandaskan Trade Off Theory yang menyatakan menyatakan bahwa penggunaan utang memberi manfaat pajak sehingga dapat meningkatkan profitabilitas. Namun, apabila utang terlalu tinggi, risiko kebangkrutan meningkat dan dapat menurunkan profitabilitas. Selain itu juga berlandaskan pada Efficiency Theory yang menyatakan bahwa perusahaan yang mampu mengelola asetnya secara efektif akan menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi. Langkah penelitian ini menggabungkan metodologi kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data sekunder berasal dari annual report yang diambil dari perusahaan sektor maskapai penerbangan di tahun 2020-2024. Metode analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif dan analisis asosiatif (uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis) Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa satu-satunya variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset adalah Current Ratio. Sedangkan Total Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Asset. Kemudian pengujian secara simultan, tiga variabel independen terhadap satu variabel dependen, tidak menunjukkan hasil berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Total Asset Turnover; Debt to Equity Ratio; Return On Asset; Maskapai Penerbangan; ISSI
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Kintaro Dinan Nugroho
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:30
Last Modified: 25 Sep 2025 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121961

Actions (login required)

View Item View Item