Penggunaan model quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di sekolah dasar

Nugraha, Denisa Dwi (2025) Penggunaan model quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN LULUS Denisa Dwi Nugraha.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB III)
bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB IV)
bab4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB V)
bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
REVISI SKRIPSI SETELAH SIDANG buat ke pak alex-95-212.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemilihan model pembelajaran untuk mencapai hasil belajar siswa yang optimal. Pendidikan dasar memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya melalui pembelajaran IPAS. Namun, hasil observasi di SDN 102 Cikudayasa ditemukan beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan memahami materi IPAS. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi ini adalah model pembelajaran yang digunakan masih belum sepenuhnya mampu mengakomodasi gaya belajar siswa secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar IPAS menggunakan model Quantum Learning, hasil belajar IPAS menggunakan model Direct Intruction, dan perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar antara kedua kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep model Quantum Learning berdasarkan teori NLP (Neure-Linguistic Programming) dengan langkah TANDUR (Tumbukan, Alami, Namai, Demostrasikan, Ulangi, dan Rayakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan bentuk desain yang dipakai yaitu non-equevalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 102 Cikudayasa. Sampel terdiri dari kelas VA sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebanyak 20 orang sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan menggunkan teknik probabilility sampling. Teknik pegumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil dari penelitian, skor rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,76 yang termasuk dalam kategori tinggi dan rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan Uji Mann Whitney pada N-Gain skor kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai 0,001 yang berari taraf signifikasinya lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar IPAS di kedua kelas baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Namun rata-rata peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol. Maka pada penelitian ini terdapat perbedaan peningkatan rata-rata hasil belajar IPAS yang menggunakan model Quantum Learning dan yang menggunakan model Dirict Intruction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Direct Intruction, Hasil Belajar, IPAS.
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Denisa Dwi Nugraha
Date Deposited: 25 Sep 2025 05:27
Last Modified: 25 Sep 2025 05:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122004

Actions (login required)

View Item View Item