Konten kreator muslim sebagai agen edukasi sosial: Analisis Sosiologi Islam pada akun Instagram @aab_elkarimi

Rachmawati, Athaya (2025) Konten kreator muslim sebagai agen edukasi sosial: Analisis Sosiologi Islam pada akun Instagram @aab_elkarimi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_bab2.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_bab3.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_bab4.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_bab5.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10_daftarpustaka.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11_lampiran.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Pergeseran lanskap komunikasi ke era digital menjadikan media sosial pusat diskursus publik, termasuk gagasan keagamaan dan sosial. Dalam konteks ini, kemunculan konten kreator Muslim yang edukatif memunculkan pertanyaan tentang transformasi peran intelektual pencerah di ruang siber, yaitu sebagai agen edukasi sosial. Hal ini menjadi krusial mengingat urgensi pembentukan kesadaran kritis masyarakat di tengah banjir informasi dan disinformasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran konten kreator Muslim @aab_elkarimi sebagai agen edukasi sosial merefleksikan kualitas keagenan edukasi sosial tersebut. Secara spesifik, studi ini mengeksplorasi manifestasi dimensi intelektual, sosial, dan spiritual rausyanfikr pada @aab_elkarimi, serta bagaimana ia mengemas pesan dan mengadvokasi nilai-nilai sosial. Kerangka berpikir penelitian ini berakar pada pemahaman bahwa konten kreator di era digital dapat berperan sebagai aktor pencerah dan agen edukasi sosial. Konsep rausyanfikr Ali Syari'ati, yang mengidentifikasi karakteristik intelektual transformatif —kritis, berpihak, dan berlandaskan tauhid—digunakan sebagai pisau analisis utama untuk mengevaluasi apakah dan bagaimana aktivitas @aab_elkarimi sejalan dengan idealisme tersebut. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus instrumental, menerapkan analisis isi kualitatif. Data primer berupa 10 konten video Instagram @aab_elkarimi dipilih secara purposif berdasarkan relevansi tematik dan substansi argument yang mencerminkan perannya sebagai agen edukasi sosial. Data dikumpulkan melalui observasi non-partisipan dan dokumentasi (termasuk transkripsi verbatim), lalu diinterpretasi menggunakan kerangka teori rausyanfikr. Hasil penelitian menunjukkan @aab_elkarimi memanfaatkan strategi komunikasi digital inovatif untuk mengemas isu kompleks, yang menegaskan perannya sebagai agen edukasi sosial yang adaptif. Ia secara konsisten mengadvokasi nilai-nilai kritis seperti rasionalitas, keadilan sosial, dan tanggung jawab. Analisis mengonfirmasi bahwa ia secara signifikan merepresentasikan rausyanfikr melalui dimensi intelektualnya (kesadaran kritis, integrasi ilmu, rasionalitas), dimensi sosialnya (keberpihakan pada mustadh'afin dan misi edukasi), serta dimensi spiritualnya (tauhid progresif, integritas moral, tanggung jawab ilahiah). Ini menegaskan posisinya sebagai agen edukasi sosial sekaligus intelektual pencerah digital yang relevan dan transformative, merefleksikan ideal rausyanfikr di era kontemporer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Agen Edukasi Sosial; Konten Kreator; Rausyanfikr
Subjects: Islam Umum
Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Athaya Rachmawati
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:28
Last Modified: 25 Sep 2025 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122010

Actions (login required)

View Item View Item