Implementasi pelayanan prima pada pusat layanan haji dan umrah terpadu (plhut) Kota Banjar

Mahally, Fikri Azkia (2025) Implementasi pelayanan prima pada pusat layanan haji dan umrah terpadu (plhut) Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Bebas Plagiarisme.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
6_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan Prima menjadi hal yang penting dan perlu diterapkan pada sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan. PLHUT Kota Banjar merupakan fasilitator untuk mengurusi tata pelaksanaan ibadah haji dan umrah, maka pentingnya peningkatan kualitas pelayanan prima untuk memberikan pelayanan yang baik kepada jemaah haji dan umrah. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Implementasi yang dijelaskan oleh Leo Agustino mengenai dinamika proses pelayanan, aktivitas pelaksana kebijakan, serta mengevaluasi hasil dari pelayanan yang diberikan oleh staf PLHUT Kota Banjar kepada jemaah haji dan umrah Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta Teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung di kantor PLHUT Kota Banjar dan melakukan wawancara dengan lima narasumber yang berkaitan dengan fokus penelitian, adapun dokumentasi berupa arsip dan foto yang melengkapi penjelasan pada pemaparan hasil data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika proses pelayanan tidak berjalan dengan baik dikarenakan staf PLHUT tidak memperhatikan aspek pemahaman pada regulasi dan mekanisme kerja pada proses pelayanan, namun PLHUT Kota Banjar terus meningkatkan pemahaman pada regulasi dan mekanisme kerja pada proses layanan. Pada sisi aktivitas pelaksana kebijakan telah menunjukkan koordinasi yang baik antar instansi. Hasil dari pelayanan yang diberikan oleh PLHUT Kota Banjar telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019. Dengan demikian, implementasi pelayanan telah dilaksanakan dengan memperhatikan aspek pemahaman pada regulasi dan mekanisme kerja pada dinamika proses layanan, aktivitas pelaksana kebijakan berjalan normal, dan hasil secara keseluruhan berjalan dengan baik, sehingga pelayanan prima tidak menemukan hambatan. Aspek dinamika proses telah dikuatkan dengan pemahaman regulasi dan mekanisme kerja, sehingga pelayanan prima terwujud dengan baik dan sempurna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pelayanan Prima; Implementasi Kebijakan; PLHUT; Jemaah haji dan Umrah
Subjects: Office Services > Office Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Student Fikri Azkia Mahally
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:12
Last Modified: 29 Sep 2025 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122295

Actions (login required)

View Item View Item