Mahally, Fikri Azkia (2025) Implementasi pelayanan prima pada pusat layanan haji dan umrah terpadu (plhut) Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
3_Bebas Plagiarisme.pdf Download (859kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftar Isi.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB 1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan Prima menjadi hal yang penting dan perlu diterapkan pada sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan. PLHUT Kota Banjar merupakan fasilitator untuk mengurusi tata pelaksanaan ibadah haji dan umrah, maka pentingnya peningkatan kualitas pelayanan prima untuk memberikan pelayanan yang baik kepada jemaah haji dan umrah. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Implementasi yang dijelaskan oleh Leo Agustino mengenai dinamika proses pelayanan, aktivitas pelaksana kebijakan, serta mengevaluasi hasil dari pelayanan yang diberikan oleh staf PLHUT Kota Banjar kepada jemaah haji dan umrah Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta Teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung di kantor PLHUT Kota Banjar dan melakukan wawancara dengan lima narasumber yang berkaitan dengan fokus penelitian, adapun dokumentasi berupa arsip dan foto yang melengkapi penjelasan pada pemaparan hasil data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika proses pelayanan tidak berjalan dengan baik dikarenakan staf PLHUT tidak memperhatikan aspek pemahaman pada regulasi dan mekanisme kerja pada proses pelayanan, namun PLHUT Kota Banjar terus meningkatkan pemahaman pada regulasi dan mekanisme kerja pada proses layanan. Pada sisi aktivitas pelaksana kebijakan telah menunjukkan koordinasi yang baik antar instansi. Hasil dari pelayanan yang diberikan oleh PLHUT Kota Banjar telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019. Dengan demikian, implementasi pelayanan telah dilaksanakan dengan memperhatikan aspek pemahaman pada regulasi dan mekanisme kerja pada dinamika proses layanan, aktivitas pelaksana kebijakan berjalan normal, dan hasil secara keseluruhan berjalan dengan baik, sehingga pelayanan prima tidak menemukan hambatan. Aspek dinamika proses telah dikuatkan dengan pemahaman regulasi dan mekanisme kerja, sehingga pelayanan prima terwujud dengan baik dan sempurna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pelayanan Prima; Implementasi Kebijakan; PLHUT; Jemaah haji dan Umrah |
Subjects: | Office Services > Office Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Student Fikri Azkia Mahally |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |