Budiman, Arief (2025) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR KEASLIAN KARYA ILMIAH)
3_lembarkeasliankaryailmiah.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (497kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi gelombang cahaya. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Kelas eksperimen menerapkan model Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom, sedangkan kelas kontrol menerapkan model konvensional. Populasi penelitian mencakup seluruh kelas XII di SMA Bina Muda, dengan sampel masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar observasi dan tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan dua belas sub indikator Ennis. Analisis data mencakup uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene, uji hipotesis Mann-Whitney, dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan keterlaksanaan kegiatan di kelas eksperimen mencapai rata-rata 83% (guru) dan 81% (peserta didik) dengan kategori baik untuk keduanya, sementara kelas kontrol mencapai 84% (guru) dan 82% (peserta didik) dengan kategori baik untuk keduanya. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dilihat dari nilai N-Gain sebesar 0,72 (tinggi) pada kelas eksperimen dan 0,60 (sedang) pada kelas kontrol. Uji Mann-Whitney menghasilkan signifikansi 0,003 < 0,05, menunjukkan perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas. Model Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom terbukti efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gelombang Cahaya; Keterampilan Berpikir Kritis; Model Think Pair Share; The Physics Classroom. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Arief Budiman |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |