Penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi gelombang cahaya

Budiman, Arief (2025) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR KEASLIAN KARYA ILMIAH)
3_lembarkeasliankaryailmiah.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi gelombang cahaya. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Kelas eksperimen menerapkan model Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom, sedangkan kelas kontrol menerapkan model konvensional. Populasi penelitian mencakup seluruh kelas XII di SMA Bina Muda, dengan sampel masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar observasi dan tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan dua belas sub indikator Ennis. Analisis data mencakup uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene, uji hipotesis Mann-Whitney, dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan keterlaksanaan kegiatan di kelas eksperimen mencapai rata-rata 83% (guru) dan 81% (peserta didik) dengan kategori baik untuk keduanya, sementara kelas kontrol mencapai 84% (guru) dan 82% (peserta didik) dengan kategori baik untuk keduanya. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dilihat dari nilai N-Gain sebesar 0,72 (tinggi) pada kelas eksperimen dan 0,60 (sedang) pada kelas kontrol. Uji Mann-Whitney menghasilkan signifikansi 0,003 < 0,05, menunjukkan perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas. Model Think Pair Share berbantuan The Physics Classroom terbukti efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gelombang Cahaya; Keterampilan Berpikir Kritis; Model Think Pair Share; The Physics Classroom.
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Arief Budiman
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:52
Last Modified: 30 Sep 2025 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122463

Actions (login required)

View Item View Item