Pengembangan E-LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pengukuran

Hakim, Rifqi Abdul (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pengukuran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya kemampuan kognitif peserta didik berdasarkan hasil studi pendahuluan, serta minimnya bahan ajar yang kontekstual dan berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Pengukuran di kelas X SMA LEPPESA 1 Cililin dengan jumlah sampel sebanyak 27 orang. E-LKPD dikembangkan dalam bentuk platform Flipbook digital yang dapat diakses secara daring oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli dan tes kemampuan kognitif sebelum dan sesudah penggunaan E-LKPD. Validasi oleh ahli media, materi, dan praktisi pembelajaran menunjukkan bahwa E-LKPD berada pada kategori sangat layak dengan persentase rata-rata dari ketiga ahli sebesar 89%. Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik diukur melalui tes pretest dan posttest, dianalisis menggunakan rumus N-Gain, menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,43 (kategori sedang). Hasil uji hipotesis menggunakan paired t-Test menunjukkan nilai p = 0,000, yang berarti terdapat peningkatan antara skor hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah penggunaan E-LKPD. Dengan demikian, E-LKPD berbasis discovery learning pada materi pengukuran terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; discovery learning; hasil belajar kognitif; pengukuran
Subjects: Physics > Miscellany of Physics
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rifqi Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:15
Last Modified: 01 Oct 2025 07:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122541

Actions (login required)

View Item View Item