Hakim, Rifqi Abdul (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pengukuran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (652kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya kemampuan kognitif peserta didik berdasarkan hasil studi pendahuluan, serta minimnya bahan ajar yang kontekstual dan berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Pengukuran di kelas X SMA LEPPESA 1 Cililin dengan jumlah sampel sebanyak 27 orang. E-LKPD dikembangkan dalam bentuk platform Flipbook digital yang dapat diakses secara daring oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli dan tes kemampuan kognitif sebelum dan sesudah penggunaan E-LKPD. Validasi oleh ahli media, materi, dan praktisi pembelajaran menunjukkan bahwa E-LKPD berada pada kategori sangat layak dengan persentase rata-rata dari ketiga ahli sebesar 89%. Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik diukur melalui tes pretest dan posttest, dianalisis menggunakan rumus N-Gain, menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,43 (kategori sedang). Hasil uji hipotesis menggunakan paired t-Test menunjukkan nilai p = 0,000, yang berarti terdapat peningkatan antara skor hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah penggunaan E-LKPD. Dengan demikian, E-LKPD berbasis discovery learning pada materi pengukuran terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; discovery learning; hasil belajar kognitif; pengukuran |
Subjects: | Physics > Miscellany of Physics Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rifqi Abdul Hakim |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:15 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |