Zikrillah, Munir Farhan (2025) Pengaruh pengorganisasian terhadap kepuasan peserta SPMHU angkatan XXXIV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Plagiarisme (1).pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FIX.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB 2 (4).pdf Download (226kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3 PERPUS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran (60).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Profesional (SPMHU) merupakan program strategis dalam meningkatkan kompetensi pembimbing ibadah haji dan umrah. Seiring meningkatnya jumlah jemaah dan persaingan antar penyelenggara, kualitas pengorganisasian menjadi faktor penting yang menentukan tingkat kepuasan peserta. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengorganisasian terhadap kepuasan peserta SPMHU Angkatan XXXIV.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengorganisasian terhadap kepuasan peserta. Secara Teoritis, penelitian ini menggunakan teori Henri Fayol (1916) karna berfokus pada Struktur dan Proses juga elevan untuk menganalisis pengorganisasian SPMHU , lalu pada teori kepuasan menggunakan Servqual (1988) digunakan karena fokusnya pada pengukuran kualitas layanan yang dirasakan peserta, sehingga tepat untuk menilai kepuasan terhadap aspek pengajaran, fasilitas, dan pengalaman keseluruhan selama mengikuti SPMHU, Data dikumpulkan dari 38 responden melalui kuesioner daring Google Form dengan skala Likert, menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data melibatkan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), regresi linear sederhana, uji determinasi (R2), uji F, dan uji T, seluruhnya diolah menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa pengorganisasian berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan peserta. Uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0.000 (p<0.05), menegaskan pengaruh yang kuat secara statistik. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.845 berarti 84.5% variasi kepuasan peserta dijelaskan oleh kualitas pengorganisasian, menyoroti kontribusi dominan variabel ini. Koefisien regresi positif (0.925) menunjukkan peningkatan pengorganisasian secara proporsional meningkatkan kepuasan. Seluruh uji asumsi klasik terpenuhi, memperkuat validitas statistik. Adapun kesimpulam ini menegaskan bahwa pengorganisasian merupakan fungsi efektif dalam kunci kepuasan dan pemenuhan ekspektasi peserta pelatihan, Saran dalam penelitian ini selain dari keberhasilan pengorganisasian yaitu faktor-faktor pendukung lain diluar penelitian ini, seperti planning, staffing, actuating, dan controlling, merupakan fungsi yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Peserta; Pengorganisasian; SPMHU |
Subjects: | Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji General Management > Organizations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Muhammad zikrillah munir |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 02:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |